Tuesday, January 5, 2016

Penyebab banyaknya pengangguran di Indonesia dibandingkan di Negara Maju

    Kebanyakan orang Indonesia selalu menyalahkan Pemerintah apabila banyak pengangguran yang tidak mendapatkan pekerjaan. Padahal hal itu bukanlah sepenuhnya salah pemerintah tapi menset pemikiran masyarakat maupun mahasiswa yang kurang mencontoh negara2 maju yang dimana pendapatan nasionalnya sangatlah tinggi dibandingkan dengan Indonesia. Contoh di jepang Rp. 21 jt /bulan.
   Jika kita melihat yang sebenar-benarnya pemerintah hanyalah menyeimbangkan perekonomian suatu negara apabila pihak swasta tidak banyak yang melakukan hal tersebut atau bahkan tidak ada. tapi apakah pemerintah bisa menyediakan lapangan pekerjaan untuk semua pengangguran yang ada di Indonesia.? itu mustahil karena Indonesia terdiri dari ribuan pulau, letak geografisnya yang tidak terlalu memungkinkan hal itu terjadi dan banyaknya daerah terpencil yang dimana masyarakat tidak terlalu tahu menahu tentang informasi lowongan pekerjaan yang terbuka.



   Salah satu rekomendasi dari saya agar perekonomian Indonesia dapat maju seperti negara2 maju dan pendapatan nasional yang tinggi yaitu menyadarkan para mahasiswa dan semua masyarakat bahwa berfikirlah untuk memulai suatu Usaha dimana kita dapat mempekerjaan pengangguran2 yang ada. Mahasiswa yang ada di Indonesia kebanyakan berfikir Ingin mencari kerja jika telah lulus kuliah, itulah yang menyebabkan Indonesia adalah salah satu penghasil Sarjana pengangguran terbanyak didunia. Jika dibandingkan dinegara maju masyarakatnya banyak yang berjiwa wirausaha dan lebih ingin dan mewujudkan mempekerjaan orang lain daripada bekerja kepada orang lain.
    Tahu tidak orang-orang yang berlibur atau berwisata di Indonesia hanya orang-orang yang termasuk miskin di negaranya. Contohnya saja di pulau bali, disana kebanyakan para sales, pelajar, pengangguran yang berlibur. tidak seperti orang Indonesia, hanya orang-orang menengah ke atas saja yang bisa berlibur di negara lain, itupun memerlukan waktu yang lama untuk mengumpulkan uang agar dapat berlibur, bahkan di negara sendiri itu terjadi antar kota ke kota. saya berani mengatakan ini karena saya pernah berbincang beberapa wisatawan yang ada di bali dan yang pernah ada di benteng rotterdam makassar.
   Sebagai seorang mahasiswa cobalah jangan terlalu fokus untuk mencari pekerjaan setelah lulus kuliah, tapi rancang dan cari link mulai dari sekarang agar setelah kuliah bisa memulai usaha yang dapat mempekerjakan orang-orang yang telah menjadi pengangguran dan menunggu para sarjana muda yang ada untuk kedepannya. bahkan apabila dapat membuka usaha sambil kuliah silahkan.!
   coba banyangkan apabila dalam satu kelas seangkatan kuliah kalian ada yang berjiwa wirausaha 5-10 orang itu bisa menutupi satu kelas untuk tidak menjadi pengangguran karena kalian bisa mengajak mereka kerja pada usaha kalian ataupun bekerja sama dengan mereka.
   jadi janganlah selalu menyalahkan pemerintah, tapi salahkan diri sendiri terlebih dahulu dan lihat dan contohi negara-negara maju yang sudah lebih baik dari pada di negara kita sendiri.

mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. terima kasih tekah mengunjungi Blog saya.

No comments:

Post a Comment