Monday, September 22, 2014

PENGERTIAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI PERKULIAHAN

apakah anda sudah tahu pengertian MAHASISWA itu apa ?
mungkin kebanyakan orang sudah tahu bahwa MAHASISWA adalah panggilan orang yang sedang melanjutkan pendidikan dijenjang universitas maupun sekolah tinggi atau perguruan tinggi dan telah terdaftar secara resmi. namun pengertian tersebut jauh berbeda dengan orang-orang yang memiliki organisasi di kampusnya.
mengapa saya mengatakan hal tersebut ?
karena saya sudah mengikuti kajian dari berbagai macam organisasi di kampus. sebelum membahas terlalu jauh, saya ingin memperkenalkan terlebih dahulu apa itu organisasi anak kuliahan .??

organisasi perkuliahan adalah suatu lembaga yang didirikan oleh beberapa individu ataupun secara berkelompok dengan tujuan tertentu. contohnya HMI, HIMA AKSI, HIMA DIPA, HIMAPSI, HMJ dll.

oke, saya akan melanjutkan pengertian mahasiswa menurut orang-orang yang bergabung dengan organisasi yang saya sebut tadi.
mahasiswa adalah orang-orang yang terdaftar didalam universitas maupun perguruan tinggi dengan mementingkan hal-hal yang dapat merubah suatu peraturan pemerintah akan hal yang tidak diterimanya dan lebih mementingkan masyarakat luas.
kenapa demikian ? mari kita simak akan hal tersebut

  1. tahun 1908 berdirinya budi utomo sebagai lahirnya pengaruh mahasiswa
  2. tahun 1928 sumpah pemuda, dengan adanya sumpah pemuda maka perubahan besar-besaran pun terjadi
  3. tahun 1945 pemuda melakukan proklamasi secepatnya. mungkin anda mengatakan proklamator indonesia itu adalah Ir. soekarno. memang benar tapi proklamasi terjadi karena desakan dan penculikan soekarno-hatta untuk di ungsikan ke rengasdengklok oleh pemuda-pemuda terpelajar yang menginginkan proklamasi dilakukan dengan cepat.
  4. tahun 1966 keluarnya super semar atas keinginan mahasiswa
  5. tahun 1974 penolakan hasil pemilu resmi
  6. tahun 1977 demo penolakan soeharto
  7. tahun 1980 penyerangan MENDAGRI
  8. tahun 1998 keruntuhan ORBA atas demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa dan telah berdampak hingga saat ini
  9. tahun 2000-sekarang, perjuangan reformasi.contohnya yaitu PENOLAKAN KENAIKANJ BBM pada tahun 2012 karena aksi para mahasiswa. di tahun 2012, orang kebanyakan senang karena harga BBM tidak jadi naik
  Menurut anda, apakal hal ini merupakan pengertian yang benar atau tidak namun inilah hasil kajian yang saya dapatkan di bangku perkuliahan.

No comments:

Post a Comment